Selasa, 09 November 2010

pengertian ileostomi dan colostomy


1.Apakah ileostomy itu?

ileostomy adalah suatu lubang pada dinding abdomen (perut) yang dibuat selama operasiBadan limbah keluar dari pembukaan ini. Akhir ileum (bagian terendah dari usus kecil) yang dibawa melalui dinding perut untuk membentuk stoma, biasanya di sisi kanan bawah perut. Ketika Anda melihat stoma Anda, Anda sebenarnya melihat lapisan (atau mukosa) dari akhir usus kecil Anda, yang terlihat sangat mirip dengan lapisan pipi Anda. Sebagai bagian dari operasi ini, usus besar dan dubur sering dihapus (ini disebut kolektomi a) sehingga usus normal dan fungsi rektum tidak lagi sekarang. Kadang-kadang, hanya bagian dari usus besar dan rektum akan dihapus.
 stoma akan terlihat merah muda sampai merah dan akan lembab dan mengkilap Ini akan menyusut selama periode waktu yang singkat setelah operasi. Bentuknya akan bulat untuk oval. Beberapa stoma mungkin tongkat keluar sedikit, sementara yang lain rata dengan kulit
The ileostomy (lat ileu   m = yunani usus kecil dan stoma = membuka mulut). Sebuah ileostomy diciptakan karena penyakit usus besar untuk sebagian besar atau seluruh usus besar.

Ileostomy dapat bersifat sementara atau permanen. ileostomy adalah sebuah pembukaan operasi yang dibuat di usus kecil, biasanya pada akhir ileum. Ini adalah keluar dari usus kecil ke permukaan kulit.







2.Apakah kolostomi itu?

kolostomi adalah suatu lubang di perut (dinding perut) yang dibuat selama operasi. Akhir dari usus besar dibawa melalui lubang ini untuk membentuk stoma. Dimana stoma akan berada di perut tergantung pada bagian mana dari usus besar digunakan untuk membuatnya. Perawat terapi enterostomal (ET perawat) atau ahli bedah akan mengetahui lokasi terbaik untuk stoma Anda.

Kolostomi operasi dilakukan untuk berbagai penyakit dan masalah. Beberapa colostomies dilakukan karena keganasan (kanker), yang lain tidak. Seorang anak, mungkin perlu satu karena cacat lahir. Kadang-kadang kolostomi hanya dibutuhkan untuk waktu yang singkat, kadang-kadang seumur hidup. Beberapa colostomies yang besar, sebagian kecil, beberapa berada di sisi kiri perut, beberapa berada di sisi kanan, yang lain mungkin berada di tengah.

Ketika Anda melihat stoma, Anda benar-benar melihat lapisan (mukosa) dari usus, yang tampak sangat mirip dengan lapisan pipi Anda. stoma akan terlihat merah muda menjadi merah. Hal ini hangat dan lembab dan mengeluarkan sejumlah kecil lendir. Tidak seperti anus, stoma tidak memiliki katup atau menutup-off otot. Ini berarti Anda tidak akan bisa mengontrol dari bagian dari tinja dari stoma, meskipun kadang-kadang buang air besar dapat dikelola dengan cara lain.

Cara stoma terlihat tergantung pada jenis kolostomi ahli bedah membuat dan perbedaan tubuh individu. Hal ini mungkin terlihat cukup besar pada awalnya, tetapi akan menyusut ke ukuran akhir sekitar 6 sampai 8 minggu setelah operasi. Bentuknya akan bulat untuk oval. Beberapa stoma mungkin tongkat keluar sedikit, sementara yang lain rata dengan kulit.

kolostomi bukanlah suatu penyakit, melainkan perubahan dalam cara tubuh Anda bekerja. Ini operasi perubahan fungsi tubuh normal untuk memungkinkan tinja untuk lulus setelah penyakit ata0075 cedera. Meskipun kolostomi adalah perubahan besar bagi pasien, operasi itu sendiri agak sederhana. kimia tubuh dan fungsi pencernaan tidak diubah dengan memiliki kolostomi.


Kenapa Disebut ileostomy & colostomy ?
Dikarenakam::
- Apabila stoma tersebut berasal dari colon maka disebut colostomy
-bila dari ileum disebut ileostomy .
-bila dari ureter disebut ureterostomy
- sedangkan pasiennya disebut ostomate.
             
ASUHAN KEPERAWATAN

0 komentar:

Poskan Komentar