Sabtu, 06 November 2010

Cacing Tambang




Phylum                 :               Nemathelminthes
Kelas                     :               Nematoda
Sub kelas             :               Secernantea
Ordo                      :                Strongylida
Super family       :                Ancylostomatoidea
Family                   :                Ancylostomatidae
Genus                   :               Ancylostoma dan necator
Spesies                 :               Ancylostoma duodenale (Dubini, 1843)
                                                Necator americanus (Shiles, 1902)


1.      Morfologi

A.    Cacing dewasa
Cacing betina berukuran panjang kurang lebih 1 cm, cacing jantan kurang lebih 0,8 cm. Bentuk badan Necator Americanus biasanya menyerupai huruf S, sedangkan Ancylostoma duodenale menyerupai huruf C. Rongga mulut kedua jenis cacing ini besar. Necator Americanus mempunyai benda kitin, sedangkan pada Ancylostoma duodenale ada dua pasang gigi. Cacing jantan mempunyai kopulatriks. ( Gandahusada, 1988).
B.     Telur
Telur cacing tambang berukuran kurang lebih 55 x 35 mikron, bentuknya bulat oval dengan selapis dinding yang transparan dari bahan hialin. Sel telur yang belum berkembang tampak seperti kelopak bunga. Dalam perkembangan lebih lanjut dapat berisi larva yang siap untuk ditetaskan.

2.      Sirklus Hidup
Telur  keluar bersama tinja, dalam waktu 1 – 2 hari telur akan berubah menjadi larva rabditiform (menetas ditanah yang basah dengan temperatur yang optimal untuk tumbuhnya telur adalah 23 – 300 C). Larva rabditiform makan zat organisme dalam tanah dalam waktu 5 – 8 hari membesar sampai dua kali lipat menjadi larva filariform, dapat tahan diluar sampai dua minggu, bila dalam waktu tersebut tidak segera menemukan host, maka larva akan mati. larva filariform masuk kedalam tubuh host melalui pembuluh darah balik atau pembulu darah limfe, maka larva akan sampai ke jantung kanan. Dari jantung kanan menuju ke paru – paru, kemudian alveoli ke broncus, ke trakea dan apabila manusisa tersedak maka telur akan masuk ke oesophagus lalu ke usus halus ( siklus ini berlangsung kurang lebih  dalam waktu dua minggu).

3.      Epidemologi
Cacing dewasa hidup dirongga usus halus dengan mulut yang besar melekat pada mukosa dinding usus. Cacing betina Necator americanus tiap hari mengeluarkan telur kura – kura 9000 butir , sedangkan Ancylostoma duodenale kira – kira 10.000 butir.
Penyebaran parasit pada waktu ini disebabkan oleh migrasi penduduk dan meluas ke daerah tropik dan sub tropik. Diperkirakan bahwa cacing tambang diseluruh dunia menghinggapi 700 juta orang,  menyebabkan kehilangan darah sejumlah 7 juta liter sehari, yaitu jumlah darah lebih dari sejuta manusia, sebanyak darah orang – orang yang berdiam di Washington, Taipeh atau Bangkok.

4.      Diagnosa Laboratorium
Diagnosa pasti untuk infeksicacing tambang  dengan cara menemukan telur, larva atau cacing dewasa pada faeces yang dapat diperiksa secara langsung maupun konsentrasi.

0 komentar:

Posting Komentar